madrasah

Sunday, April 25, 2010

Workshop Visi MA 2040

Merancang Visi MA 30 tahun Mendatang

Latar Belakang
Munculnya sebuah organisasi dapat dipastikan karena adanya tuntutan masyarakat sesuai konteks sosial saat itu. Eksistensi organisasi karenanya akan tetap bertahan sepanjang perannya masih diperlukan dan memberikan kontribusi bagi masyarakat. Sebaliknya, organisasi akan hilang jika tidak bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. Premis ini menegaskan bahwa organisasi perlu terus melakukan perubahan, karena tuntutan masyarakat juga terus berubah. Organisasi yang tidak mampu melakukan perubahan, akan mati (mature) dan hilang ditelan perubahan.


Mathla’ul Anwar (MA) sebagai organisasi yang sudah berusia 94 tahun, saat ini masih ada dan diakui masyarakat. Akan tetapi pengaruh dan bakti yang diberikan kepada masyarakat sepertinya tidak seperti saat MA didirikan. Berbagai catatan sejarah menunjukan betapa MA dahulu memiliki peran penting dalam percaturan sosial masyarakat. Peran dan ketokohan MA menjadi inspirasi masyarakat saat itu. Saat ini peran MA seolah terpinggirkan bahkan ”nyaris tak terdengar”. MA bukan lagi organisasi yang disegani dan diperhitungkan.

Memudarnya peran ini ditenggarai karena MA belum mampu melakukan perubahan untuk memenuhi tuntutan masyarakat. Tuntutan masyarakat saat ini sudah jauh berubah dibanding saat MA didirikan. Karenanya, MA perlu merancang perubahan agar tetap mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Para founding father dahulu barangkali tidak sempat merancang MA untuk bisa bertahan sampai puluhan tahun kemudian. Karenanya menjadi tugas generasi selanjutnya untuk merancang bagaimana MA akan dikembangkan beberapa puluh tahun mendatang, agar tidak saja tetap eksis, namun memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kemajuan masyarakat. Masa depan MA harus direncanakan. Organisasi moderan berkembang karena by design, bukan karena kebetulan.

Untuk memenuhi keinginan diatas, perlu diselenggarakan workshop untuk menyusun blue print organisasi MA paling tidak untuk 30 tahun ke depan.

Tujuan
Workshop ini bertujuan untuk merancang Rencana Induk Pengembangan MA 30 tahun kedepan. Secara khsusu bertujuan untuk:
1. Konsolidasi para pemikir muda MA
2. Mengidentifikasi berbagai pemikiran dan potensi, aspirasi serta tuntutan terhadap peran MA kedepan
3. Memetakan posisi MA dalam percaturan sosial saat ini dan masa datang
4. Menyusun rancang bangun pengembangan organisasi MA 30 tahun mendatang lengkap dengan berbagai indikator capaiannya
5. Merumuskan strategi implementasi dalam mencapai rancangan yang telah ditetapkan


Tema:
Workshop ini bertema: “MERANCANG VISI MA 2040”

Peserta Workshop
Peserta workshop adalah kalangan generasi muda MA yang memiliki kepedulian terhadap perkembangan MA kedepan. Peserta berjumlah sekitar 15 – 20 orang, terdiri dari berbagai unsur:
1. Universitas Mathla’ul Anwar
2. Pengurus Wilayah
3. Pengurus Daerah
4. Pengurus Besar
5. Pemerhati MA
6. Alumnus MA
7. Akademisi.



Agenda dan Narasumber:

Diskusi tentang Sejarah MA: Dulu, Sekarang dan Masa Depan. Narasumber: Dr. Didin Nurul Rosidin (Leiden University)
Diskusi tentang Peran Pendidikan MA dan Tantangannya.
Narasumber: Dr. Asep Saepudin Jahar (alumni Jerman)
Diskusi Perancangan Outline dan Pembagian Tugas Menulis
Rencana Tindak Lanjut

No comments: