madrasah

Tuesday, May 25, 2010

Mathlaul Anwar Gelar Muktamar XVII Juli 2010

17 May 2010

Serang. Pelita
Ormas Islam Mathlaul Anwar kembali menggelar Muktamar yang ke XVII serta ulang tahun yang ke 94 yang akan berlangsung pada 16 hingga 19 Juli 2010 di Anyer. Kabupaten Serang. Ketua Panitia Muktamar Mathlaul Anwar (MA) ke XVII KH Syadeli Karim di Serang. Minggu (16/5) mengatakan, ormas Islam terbesar setelah NU dan Muhammadiyah yang berbasis di Kecamatan Menes. Kabupaten Pandeglang tersebut, akan menggelar muktamar untuk melakukan penataan organisasi melalui pergantian pengurus besar MA periode 2010-2015. kemudian melakukan konsolidasi antar pengurus serta merupakan ajang silaturahim keluarga besar MA dari 26 pengurus wilayah provinsi se-Indonesia serta pengurus kabupaten/kota. "Muktamar MA ke XVII rencananya akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan dihadiri sekitar 1.200 pe-serta dari seluruh provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia." kata Sadeli Karim saat konferensi pers rencana Muktamar MA tersebut. Sadeli mengatakan, tujuan lain Muktamar MA ke XVII adalah menguatkan kembali peran MA yang tetap konsisten bergerak pada masalah pendidikan, sosial dan dakwah berbasis di perdesaan.

Peran MA yang selama Ini basisnya di desa-desa dan daerah pinggiran, kedepan diupayakan lebih ditingkatkan menyentuh perkotaan dengan tetap memfokuskan pada pendidikan berbasis madrasah. "Selama ini MA di wilayah Banten memiliki sekitar 2.000 madrasah mulai ibtidaiyah hingga perguruan tinggi, begitu juga di daerah lainnya katanya.

Sadeli mengatakan, organisasi kemasyarakatan Islam yang didirikan KH Mas Abdurahman di Menes Pandeglang pada Agustus Tahun 1916 tersebut, sejak awal didirikan su-dah melaksanakan pendidikan dasar sembilan tahun dengan basis pendidikan madrasah di perdesaan, berbeda dengan ormas Islam NU yang berbasis pesantren.

"MA secara organisasi tidak memiliki apiliasl politik ke partai manapun, karena tetap konsisten bergerak pada dakwah, sosial dan pendidikan," kata Sadeli Karim yang didampingi sejumlah pengurus wilayah MA Provinsi Banten.

Menurut Sadeli, Muktamar MA ke XVII dengan tema "Reposisi Peran Mathlaul Anwar dalam pembangunan SDM Indonesia yang unggul dan berakhlalail Karimah", rencananya juga akan dihadiri Menteri Agama Suryadharma Ali dan Menteri Pendidikan Nasional M Nuh.

Adapun beberapa agenda kegiatan yang akan dilaksanakan dalam Muktamar tersebut diantaranya seminar pendidikan, pameran pendidikan, bedah buku "From Kampung To Kota", malam dana serta sidang majelis fatwa, (zis)

No comments: